Home / Peristiwa

Senin, 28 Maret 2022 - 01:06 WIB

Tebing Bukit Kasangkah di Kertagena Daya Pamekasan Longsor

BPBD Pamekasan mengevakuasi longsoran tebing Kasangkah di Dusun Polay, Desa Kertagena Daya, Kecamatan Kadur, Pamekasan, Ahad (27/3/2022) malam.

BPBD Pamekasan mengevakuasi longsoran tebing Kasangkah di Dusun Polay, Desa Kertagena Daya, Kecamatan Kadur, Pamekasan, Ahad (27/3/2022) malam.

PAMEKASAN – Tebing Bukit Kasangkah di Pamekasan, longsor setelah hujan deras disertai petir dan angin kencang yang melanda di wilayah, Ahad (27/3/2022).

Lokasi kejadian di Dusun Polay, Desa Kertagena Daya, Kecamatan Kadur, sekitar 25 kilometer ke arah timur laut Kota Pamekasan.

“Saat ini, kami masih berada di lokasi, berupaya mengevakuasi sebagian material longsoran tebing yang menutup badan jalan,” kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan Budi Cahyono per telepon kepada media setempat, Ahad malam.

Akibat longsoran bukit itu, lebih dari separuh badan jalan tertutup dan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Jalur lalu lintas yang tertutup longsoran Bukit pada sekitar pukul 16.00 WIB ini merupakan jalur utama penghubung Kecamatan Kadur dan Kecamatan Pakong.

BACA JUGA:   Surety Bonds Protect Infrastructure Investment

Warga di sekitar Kecamatan Kadur yang hendak menjual hasil pertanian mereka ke Pasar Pakong biasa melalui jalur ini, karena merupakan jalur terdekat yang menghubungkan Kecamatan Pakong dan Kecamatan Kadur.

Kejadian Bukit Kasangkah longsor kali ini merupakan kali ketiga dalam dua pekan terakhir ini. Pertama, pada 10 Maret 2022, dan kedua pada 15 Maret 2022.

“Ini kali ketiga, dan daerah ini memang termasuk daerah rawan longsor,” kata Budi, menjelaskan.

Evaluasi material longsoran oleh petugas dengan menggunakan alat seadanya dan menggunakan peneranan senter, karena jaringan listrik di sekitar lokasi kejadian mati sejak sekitar pukul 13.00 WIB Ahad siang. Evakuasi lanjulan akan dilakukan, Senin (28/3/2022) dengan mendatangkan alat berat.

BACA JUGA:   Kebijakan Kadisdik Cairkan Dana Hibah Tanpa Proposal Langgar Ketentuan

“Sekitar pukul 20.30 WIB tadi, evakuasi kami hentikan, dan akan dilanjutkan besok dengan mendatangkan alat berat,” katanya, menjelaskan.

Selain menyebabkan longsor di Bukit Kasangkah, hujan deras disertai petir dan angin kencang yang melanda Pamekasan, Ahad itu juga menyebabkan jaringan listrik di sejumlah kecamatan putus, seperti di Kecamatan Pakong, Kadur, Larangan dan sebagaian di Kecamatan Pademawu.

Di Kecamatan Kadur, aliran listrik padam sejak sekitar pukul 13.00 WIB dan baru menyala kembali sekitar pukul 21.30 WIB, Ahad malam. (PAMEKASAN-1)

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Abang Becak Pamekasan Ikut Meriahkan Gelaran MTQ XXIX

Finansial

Pengusaha Subaidi Beri Rumah pada Yatim Almarhum Wabup Raja’e

Peristiwa

Habib Pelaku Pencabulan Anak Ditangkap Polisi

Peristiwa

Kapolsek Larangan Bantah Pembubaran Kegiatan Guru PAUD Arogan

Peristiwa

Kasus Perampokan di Desa Tambung Pamekasan

Peristiwa

Pencarian Penumpang Kapal Tercebur ke Laut Dilanjutkan

Peristiwa

Warga Pamekasan Demo Penggantian Wabup dan Pemalsuan Tanda Tangan

Peristiwa

Angin Kencang Robohkan Pepohonan dan Merusak Rumah Warga Pamekasan