Beranda Pendidikan Sebagian Guru PAUD Pamekasan Mengalami Trauma Akibat Pembubaran Paksa

Sebagian Guru PAUD Pamekasan Mengalami Trauma Akibat Pembubaran Paksa

218
0
Suasana pembubaran kegiatan pelatihan implementasi kurikulum merdeka bagi guru PAUD oleh Kapolsek Larangan Iptu Nanang pada 5 September 2022.

PAMEKASAN – Sebagian Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Pamekasan mengaku mengalami trauma akibat tindakan pembubaran paksa kegiatan pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka oleh Polsek Larangan pada 5 September 2022.

Hal ini terungkap dalam pertemuan antara perwakilan pengurus Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pemkab Pamekasan, Dewan Pendidikan dan Polres Pamekasan.

Sebagian guru PAUD yang mengikuti acara tersebut trauma, lantaran selama ini tidak biasa menghadapi persoalan sebagaimana di dunia militer.

Sedangkan pembubaran paksa oleh Polsek Larangan dalam kegiatan itu terkesan keras dan panitia hanya diberi waktu sekitar 10 menit.

Selain karena pola aksi petugas, yang juga menyebabkan sebagian guru PAUD mengalami trauma, juga karena kegiatan yang digelar organisasi para guru tersebut gagal.

“Maklum, anggota kami di Himpaudi kebanyakan kaum perempuan,” kata perwakilan Pengurus Himpaudi Pamekasan dalam pertemuan itu.

Sebelumnya Kapolsek Larangan Iptu Nanang menjelaskan, pembubaran paksa kegiatan guru PAUD di Kecamatan Larangan yang digelar gudang milik warga tersebut, karena beberapa hal.

Salah satunya karena pemilik gudang yakni Haji Yasir tidak menjelaskan kepada yang bersangkutan mengenai acara tersebut, seperti jumlah peserta yang mengikuti pelatihan di gudang itu.

Panitia juga tidak berkoordinasi dengan Polsek Larangan, aparat desa setempat dan Satgas COVID-19 Pemkab Pamekasan.

Panitia kegiatan mengakui memang tidak menyampaikan pemberitahuan kepada Kapolsek Larangan tentang kegiatan pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka itu, karena mengacu kepada kegiatan yang pernah digelar sebelumnya oleh Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI).

Sebagaimana kegiatan yang digelar oleh Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi), kegiatan yang digelar IGTKI sebelumnya juga tanpa pemberitahuan kepada Kapolsek Larangan Iptu Nanang, akan tetapi tidak dibubarkan. (PMK- PEMBUBARAN KEGIATAN GURU PAUD)

Tinggalkan Balasan