Home / Peristiwa

Minggu, 24 Oktober 2021 - 21:14 WIB

Perluasan Cakupan Vaksinasi Butuh Dukungan Berita Mencerahkan

Kapolres Pamekasan AKBP Rogib Triyanto saat menyampaikan sambutan pada acara silaturrahmi bersama wartawan Pamekasan pada 21 Oktober 2021.

Kapolres Pamekasan AKBP Rogib Triyanto saat menyampaikan sambutan pada acara silaturrahmi bersama wartawan Pamekasan pada 21 Oktober 2021.

PAMEKASAN – Kapolres Pamekasan, Madura, Jawa Timur AKBP Rogib Triyanto menyatakan, perluasan cakupan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Pamekasan membutuhkan dukungan semua pihak, termasuk para insan pers melalui penyajian berita yang mencerahkan, mendidik dan memberdayakan masyarakat.

“Kendala yang sedang kita hadapi saat ini adalah rendahnya cakupan vaksinasi, dan oleh karena itu, dukungan dari semua pihak, termasuk insan pers melalui pemberitaan yang mencerahkan, mendidik dan memberdayakan masyarakat sangat dibutuhkan,” katanya pada acara silaturrahmi bersama wartawan Pamekasan di Mapolres Pamekasan pada 21 Oktober 2021.

Ia menjelaskan, rendahnya cakupan vaksinasi di Kabupaten Pamekasan masih tergolong rendah di Jawa Timur, bahkan Pamekasan termasuk salah dari lima kabupaten di Jawa Timur yang paling rendah cakupan vaksinasinya, bersama Kabupaten Sampang, Bangkalan, Sumenep dan satu kabupaten lainnya di Jawa.

Saat ini, pihaknya bersama TNI dari Kodim 0826 Pamekasan terus melakukan berbagai untuk memperluas cakupan vaksinasi. Selain menggelar ‘serbuan vaksin’ ke desa-desa tertentu, juga dengan cara bekerja sama dengan sejumlah pondok pesantren dan organisasi keagamaan dan kemasyarakatan di Pamekasan.

Baca Juga  Abang Becak Pamekasan Ikut Meriahkan Gelaran MTQ XXIX

Ada beberapa hal yang menyebabkan sebagian masyarakat tidak mau divaksin. Salah satunya, karena terpengaruh dengan berita bohong yang banyak beredar di media sosial yang menyebutkan bahwa suntik vaksin COVID-19 berbahaya.

Padahal, sambung dia, vaksinasi yang digelar secara gratis oleh pemerintah dalam rangka berupaya membentuk kekebalan tubuh komunitas masyarakat, guna mencegah penyebaran COVID-19.

Jika kekebalan tubuh komunitas masyarakat meningkat, maka tidak akan mudah terpapar virus, sehingga penyebaran COVID-19 bisa ditekan.

“Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, kami mengajak kepada kalangan insan pers ini, untuk saling membantu, yakni dengan menyajikan berita yang mencerahkan, mendidik publik bahwa vaksinasi itu hal penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, demi kebaikan bersama, yakni kita semua ini bisa segera bebas dari COVID-19,” katanya.

Kapolres yakin, dengan adanya dukungan semua elemen masyarakat termasuk para insan pers melalui penyajian berita yang mendidik, mencerahkan dan memberdayakan, serta membangun optimisme publik, program baik pemerintah dalam berupaya membentuk kekebalan komunitas guna mencegah penyebaran COVID-19 bisa berjalan sesuai harapan.

Baca Juga  Aliran Listrik di Pamekasan padam Tujuh Jam Lebih

Sementara itu, berdasarkan rilis Satgas COVID-19 Pemprov Jatim, persentase cakupan vaksinasi di Kabupaten Pamekasan hanya sekitar 12 persen dari total jumlah penduduk di wilayah itu.

Pada pertengahan Oktober 2021, persentase cakupan vaksinasi meningkat menjadi sekitar 20 persen, berkat berbagai upaya yang dilakukan pemkab dan Polres Pamekasan, termasuk membuka gerai vaksin di 27 titik yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

Dukungan organisasi keagamaan seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), serta para pelaku usaha yang tergabung dalam organisasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Pamekasan juga menjadi salah satu penyebab cakupan vaksinasi di Pamekasan semakin luas.

“Kami berharap dengan adanya dukungan dari semua wartawan yang bertugas di Pamekasan, hasilnya juga akan lebih baik lagi,” katanya, menjelaskan. (PAMEKASAN-2)

Share :

Baca Juga

Peristiwa

Abang Becak Pamekasan Ikut Meriahkan Gelaran MTQ XXIX

Peristiwa

Aliran Listrik di Pamekasan Kembali Padam selama 7 Jam

Peristiwa

Tim Sakera Polres Pamekasan Tangkap Pelaku Curanmor di 11 Lokasi

Finansial

Pengusaha Subaidi Beri Rumah pada Yatim Almarhum Wabup Raja’e

Bisnis

Bea Cukai Musnahkan Jutaan Batang Rokok Ilegal

Lintas Daerah

Asrama Santri di Sampang Tertimpa Pohon Tumbang

Peristiwa

Angin Kencang Robohkan Pepohonan dan Merusak Rumah Warga Pamekasan

Peristiwa

Seorang Kakek Ditemukan Meninggal Dunia di Tengah Sawah