Beranda Finansial Data Penyertaan Modal Dasar PDAM Pamekasan 2004-2019

Data Penyertaan Modal Dasar PDAM Pamekasan 2004-2019

120
0

PAMEKASAN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Pamekasan merupakan satu-satunya perusahaan yang mendapatkan banyak dukungan dana dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan dibanding institusi, dan perusahaan lainnya.

Alasannya, karena PDAM merupakan perusahaan yang menyuplai kebutuhan dasar masyarakat, yakni air bersih, sehingga perusahaan ini perlu mendapatkan dukungan, disamping itu, agar PDAM juga bisa menghasilkan atau menyumpang pendapatan asli daerah.

Namun faktanya, perusahaan ini justru sering mendapatkan kelurahan dari masyarakat. Layanan buruk dan laporan penanganan keluhan pelanggan yang lambat, disamping pola penagihan retribusi yang tidak profesional, merupakan keluhan yang sering disampaikan masyarakat.

Dasar itulah yang menyebabkan lembaga DPRD Pamekasan menolak pengajuan penyertaan modal PDAM pada APBD 2020.

Kala itu, PDAM Pamekasan mengajukan penyertaan modal melalui legislatif sebesar Rp145 miliar dengan dalih untuk memperluas jangkauan pelayanan kepada masyarakat.

Berdasarkan data Badan Keuangan Pemkab Pamekasan, penyertaan modal APBD Pemkab Pamekasan sebenarnya telah berlangsung sejak tahun 2004, dan hingga 2019, Pemkab Pamekasan telah memberikan penyertaan modal sebesar Rp48 miliar lebih. Pada tahun anggaran 2020, perusahaan ini mengajukan penyertaan modal lagi sebesar Rp145 miliar.

Inilah rincian penyertaan modal dari APBD Pemkab Pamekasan kepada PDAM Pamekasan selama kurun waktu 2004 hingga 2019:

(PAMEKASAN-1)

Tinggalkan Balasan